Sabtu, 26 Februari 2011

Baidh telur

Baidh telur yang masih baru lebih bagus dari pada yang sudah lama, dan telur ayam lebih baik dari telur lainnya, karena bersifat seimbang dan cenderung sedikit dingin. Kuning telur bersifat panas dan basah, bisa menghasilkan darah yang bagus, dan cepat turun dari lambung. Kuning telur juga bisa menjadi penenang rasa sakit, menghaluskan tenggorokan dan batang tenggorokan, baik untuk batuk, luka pada paru-paru, ginjal dan kandung kemih, bisa menghaluskan kulit yang kasar, terlebih jika dicampur dengan minyak buah badam yang bersifat panas. Kuning telur juga bisa menghangatkan dan melunakkan apa yang ada didalam dada, dan melancarkan kembali tenggorokan yang serak.

Putih telur dapat mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit pada mata yang bengkak (merah bengkak) dengan cara diteteskan.
Putih telur dapat juga menghindari pelepuhan yang terjadi akibat luka bakar dengan cara dioleskan langsung ketika terjadinya luka bakar.
Melindungi wajah dari sengatan sinar dan panas matahari dengan cara mengoleskannya ke bagian wajah.
Mencegah terjadinya radang saluran pernafasan bila di campur dengan kemenyan dan dioleskan ke dahi.
Telur sangat baik untuk menguatkan jantung, khususnya kuning telurnya, telur merupakan obat paling tepat untuk penyakit yang mengancam jantung.