Rabu, 16 Maret 2011

Hulbah (nama tumbuh-tumbuhan jenis rerumputan)

Hulbah (nama tumbuh-tumbuhan jenis rerumputan) yang dimasak dengan air bisa melenturkan tenggorokan, dada, dan perut, bisa digunakan obat batuk, asma dan sesak nafas, bisa menambah nafsu seksual, dan baik untuk dahak dan ambeien. Hulbah juga membantu keluarnya enzim yang terdapat pada usus, menghilangkan dahak lengket dari dada, dan berguna untuk pembengkakan kelenjer getah bening. Hulbah yang digunakan dengan samin bisa bermanfaat untuk bagian dalam lambung.

Tepung hulbah yang dicampur dengan natron (minyak sodium karbonat murni) dan cuka bisa menghilangkan bengkak pada limpa. Berendam dalam air masakan hulbah, berguna untuk sakit pada rahim yang diakibatkan dari pembengkakkan dalam rahim. Meminum hulbah berguna untuk sakit perut yang di sebabkan karena masuk angin, dan menghaluskan usus.

Dimasak dan dimakan sebelum sarapan dengan kurma yang sudah dibuat manisan, madu, atau buah tin, dapat menghilangkan lendir lengket yang berasal dari dada dan lambung, juga berguna untuk batuk berkepanjangan. Hulbah juga berguna untuk sembelit, pencuci perut, dan akan menghilangkan kejang pada kuku, dan minyaknya berguna untuk pusing yang timbul dari hawa dingin.